Selasa, 13 Juni 2017

Burj Khalifa Dubai



Burj Khalifa dalah bangunan yang memiliki nilai sejarah dan budaya, terlihat dari arsitektur-arsitektur yan berasal dari pola sistem yang terkandung dalam arsitektur islam. Menara ini juga memliki nilai keindahan karena dikelilngi oleh sungai dan danau buatan serta meraih rekor rekor dunia yang banyak embawa wisatawan untk berkunjung ke Kota Dubai. Ketingian Burj Khalifa mencapai 828 meter ini mempunya 164 lantai dengan 2 lantai bawah tanah. Selain menjadi gedung perkantoran, Burj Khaifa juga menjadi hotel dan apartemen.
Burj Khalifa adalah bangnan karya Adrian Smith merukan seorang arsitek yang berasla dari USA. yang saaat ini memcah rekor dunia karena ketinggiannya. Burj Khalifa adalah banguna tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagian banguna tertinggi di dunia pada 21 juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007.



Burj Khalifa mempunyai konsep desain yang sangat indah karena bersal dari polsa sistem arsitektur islam. desain bangunan ini adalah hasil dari gabungan unsur budaya dan sejarah tertentu kewilayah tersebut. Adrian Smith yang merupakan sang arsitek mengatakan bawha jejak lobed tiga pada bangunan ini bersala dari bunga Hymenocallis. Karen pada toga zona ini terletak ke bagian keluar banguan utama berbentuk kelopak buna Hymenocallis. Ketiga zona yang terletak di lantai bawah Burj Khalifa ini terdiri dari hotel, residential dan butik yang terpisah satu sama lain. Setiap elemen dalam pola spiral menara ini mengalami kemunduran karena menara ini menaik dari dasar gurun datar.



Adapun bagian-bagian pada banguna yang berbentuk bunga hymenocallis yang meruncing ketitik puncak ada yang terpotong yang melingkari gedung. Jumlah yang terpotong itu sebanyak yang dijadikan teras di Burj Khalifa. Menara ini terdiri dari tiga unsur yang disusun di sekitar inti pusat muncul lalu membentuk sebuah menara. Selain itu, terdapat hal lain yang menggambarkan bahwa Burj Khalifa terilhami dari bunga hymenocallis juga adanya di sekitar sungai-sungai mempertegas bahwa banguna ini tumbuh diatas air.

Hubungan anatar makna Banguna Burj Khalifa dengan kebudayaan dubai adlah dakatnya dubai dengan modernisasi dijelaskan bahwa budaya dengan pariwisata adalah dua hal yang tidak bisa terpishkan bahkan dalam jangka waktu yang sangat lama. Menara ini mempunyai fungsi sebagai perkantoran, hotel dan apartment dengan daya tampung hingga 900 orang. Menara ini memounyai tempat parkir bawah tanah yang mampu menampung 3000 kendaraan, luas lantai dasar 334.000 meter persegi dengan taman 15 hektar di sekelilingnya.
Gedung ini juga bisa berputar 360 derajat, bentuk utama menjadi perhatian utama dalam rekaya gedung banguna tinggi adalah efek ari angin pada struktur bangunan. Burj Khalifa merupakan hasil dari kolaboras antara arsitek dan insinyur untuk meminimalkan kekuatan anginpada bangunan.

Ruang dilantai bawah erbagi menjadi 3 zona, yaitu hotel, residential, dan office. Pada 3 zona ini keluar bangunan utama berbentuk kelopak bunga hymenocallis. zona-zona inipun terpisah satu sama lain. bagian-bagian kelopak bunga mruncing ketitik puncak melingkari bangunan sebanyak 27 buah. sungai dan danau buatan di sekeliling Burj Khalifa menegaskan konsep desain kelopak bunga Hymenocallis. Karena buna tersebut hidup di atas air

Sistem struktur utama bangunan Burj Khalifa adalah beton bertulang. Lebih dari 45.000 (58.900 cu yd ) dari beton, beratnya lebih dari 110.000 ton (120.000 ST ; 110.000 LT) Digunakan untuk membangun pondasi beton dan baja, yang memiliki 192 tiang, dengan tiang masing-masing berdiameter 1,5 meter x 43 meter panjangnya terkubur lebih dari 50m (164 kaki). Lebih ari 40 angin tes terowongan dilakukan pada Burj Khaliafa untuk memeriksa efek angin akan dimiliki menara dan penghuninya. tes awal untuk memverifikasi iklim angin dari dubai, untuk model analisis struktur besar dan tes tekanan fasad, analisis iklim mikro dari efek diteras dan disekitar dasar menara. Bhakan kondisi temporer selama tahap kontruksi diuji dengan crane menara untuk memastika keselamatan. Stack efek atau efek cerobong merupakan fenomena efek desain banguan super tinggi, dan perubahan tekana suhu dengan ketinggian. Studi khusus dilakukan pada Burj Khalifa untuk menentukan besarnya perubahan yang harus ditangani dalam desain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar