Senin, 21 Maret 2016

Macam - macam Demokrasi

           Demokrasi merupakan wujud kebersamaan dalam Negara juga merupakan hak sekaligus kewajiban bagi warga Negara karena system kekuasaan yang berlaku adalah : “Res publica” dari,oleh ,dan untuk rakyat .
            Demokrasi berasal dari bahasa yunani. Yakni kata “Demos” berarti rakyat atau penduduk suatu tempat dan “cratein” atau “demos” yang berate kekuasaan atau kedaulatan, dengan demikian maka demokrasi dapat diartikan kekuasaan atau kedaulatan rakyat.
            Walaupun sebenarnya ditinjau dari pemahaman agama bahwa kekuasaan rakyat di bumi adalah kekuasaan rakyat,karena memang pada saat umat manusia diturunkan kebumi sekaligus diserahkan pengaturannya oleh tuhan kepada manusia atau rakyat yang diciptakannya, sedangkan pengertian dalam bahasa yunani tidak hanya mengadopsi  dari agama disesuaikan dengan kehidupan.
            Pemahaman rakyat itu sendiri sebenarnya belum ada kesepakatan karena pada kenyataan komunitas – komunitas tertentu tidak mau disamakan sebagai rakyat.
Adapun menurut professor Logemann, macam-macam demokrasi ada 4, yaitu :
1.     Demokrasi Sederhana
Pengertian Demokrasi Sederhana adalah demokrasi yang terdapat di desa-desa dan merupakan demokrasi yang didasarkan atas gotong royong dan musyawarah. Dalam melaksanakan demokrasi sederhana ini, selalu diadakan pembicaraan-pembicaraan yang terus berlangsung sampai terjadi kata sepakat yang bulat, sehingga dengan musyawarah ini terdapat persamaan paham mengenai sesuatu hal untuk kepentingan bersama. Demokrasi sederhana ini dengan dasar gotong royong dan musyawarah sejak dahulu kala telah tertanam di desa-desa.

2.     Demokrasi Liberal (Demokrasi Barat)
Pengertian Demokrasi Liberal adalah sistem demokrasi yang didasarkan atas kemerdekaan perseorangan, yang bersifat individual. Demokrasi liberal ini oleh kaum komunis disebut sebagai demokrasi kapitalis, oleh karena di dalam melaksanakan demokrasi liberal ini kaum kapitalis selalu memperoleh kemenangan disebabkan oleh pengaruhnya uang guna menguasai publik opinion atau pandangan umum. Demokrasi liberal ini dianut oleh negara-negara Amerika dan Eropa Barat.

3.     Demokrasi Rakyat (Demokrasi Timur)
Pengertian Demokrasi Rakyat adalah demokrasi yang memandang manusia sebagai alat untuk disempurnakan. Dalam demokrasi rakyat ini, manusia dianggap sebagai alat atau mesin yang secara otomatis dapat diubah, dididik dan dibentuk agar kemudian menjadi manusia yang sempurna. Demokrasi rakyat ini dianut oleh negara-negara komunis, contohnya : Rusia, RRC dan lain-lain.

4.     Demokrasi Fasisme dan Nazisme (Demokrasi Tengah)
Pengertian Demokrasi Fasisme dan Nazisme adalah demokrasi yang pemerintahannya otoriter. Dalam demokrasi ini hanya diktator saja yang dapat bertindak sebagai wakil rakyat, diktator menganggap dirinya sebagai eksponen rakyat sebab, ia dapat mengetahui isi hati yang dikandung dalam kalbu rakyat. Demokrasi fasisme dan nazisme ini pernah dianut oleh Italia di masa Mussolini dan Jerman di masa Hitler.

Dengan empat macam macam demokrasi tersebut terdapat hubungan, oleh karena demokrasi-demokrasi ini semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk kehidupan yang lebih baik. Yang berbeda dari macam macam demokrasi di atas yaitu pelaksanaannya.


Sumber :
C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar